Basmi virus Shortcut + Recycler (W32/Ramnit)

Filled under:

berawal dari kekesalan untuk mengintal ulang PC karna kena virus bandel ini, akhirnya saya masuk ke forum bloger dimana para bloger ini suhunya komputer. dibantu juga sama om gugel yg senantiasa membatu orang susah dan kesulitan seperti saya :)



suatu ketika ada seonggok manusia bertubuh pendek dan yang satu lumayan tinggi bawa kotak hitam, yg saya kira paket BOM dari teroris, ga taunya benda hiam itu bernama CPU.

Setelah ku hidupkan, ternyata memang ada ke anehan yang membingungkan saya sendiri. Di scan dengan antivirus Kaspersky yang sudah ada di komputer tersebut, tidak terdeteksi virus apapun (nb : signature virusnya sudah kadaluwarsa lebih dari 4 bulan :D ), namun saat saya colokkan flashdisk untuk mencoba menginstallkan antivirus SMADAV, tiba-tiba muncul 4 buah file dan 1 buah folder tak di undang di root flashdisk yaitu :
Copy of Shortcut to (1).lnk
Copy of Shortcut to (2).lnk
Copy of Shortcut to (3).lnk
Copy of Shortcut to (4).lnk
Folder Recycler yang di dalamnya berisi banyak file-file yang tak diketahui apa fungsinya.

Hem..saya yakin flashdisk saya bersih dari Virus apapun, logikanya adalah : flashdisk saya sudah di susupi virus dari komputer yang dibawa kedua orang tersebut.

segera saya buka notebook saya, browsing ke internet, cari informasi yang bisa menjelaskan Fenomena Aneh Flashdisk ini.

Dan Akhirnya saya menemukan jawabannya : Virus W32/RAMNIT dan variantnya.

Virus Ramnit atau biasa dinamai ShortCut Recycler dan Win32.Siggen.8 adalah sejenis trojan/backdoor, dan keganasannya bikin jengkel banyak praktisi Komputer, bahkan disebut-sebut mendekati kemampuan Sality yang saya sendiri mengakui memang bikin jengkel. Virus ini menginject file Exe, DLL, SCR, Html dan file-file executable lainnya di Windows Environtment.

Salah satu ciri khas virus ini adalah keluarnya file  Copy of Shortcut to (1 s/d 4).lnk di flashdisk yang dicolokkan ke komputer yang sudah terjangkit virus ini. Selain itu, terdapat sebuah file bernama watermark.exe di C:\Programs Files\Microsoft\ dan  C:\Program Files\Common Files\Microsoft\

melihat kemiripan dengan Sality tersebut, penulis mencoba menggunakan Smadav terbaru untuk mendeteksi keberadaan virus tersebut di komputer terdakwa, dan, lagi-lagi Smadav mandul belum bisa mendeteksi virus yang satu ini, padahal menurut informasi, virus ini telah hadir sejak tahun 2010 (Variant A).

Cara Menghapus Tuntas Virus Shortcut Recycler - W32/Ramnit dan Variantnya (A-H) :
 Setelah 30 menit merenung apa yang mesti dilakukan, sampai Arema kebobolan 6 Gol, saya masih tercenung menatap gunung, eh, menatap layar monitor LCD Samsung saya, karena menurut hasil searching, ternyata solusinya adalah : Mengistall ulang total Windows + Aplikasinya, termasuk menghapus semua partisi hardisk..... Busyet, masa kita kalah sama virus?

Akhirnya saya menemukan cara untuk memberantas tuntas Virus Shortcut Recycler W32-Ramnit ini tanpa harus menginstall ulang total Windows beserta aplikasi-aplikasinya.
Caranya cukup simple, dengan sebuah tool berukuran cuma sekitar 19 Mb bernama : Ezet NOD32 On Demand Scanner, alias NOD32 Portable, sebuah yang bisa di download di :




(pilih versi yang paling baru dari W32/Ramnit Removal Tools ini)



Donwload Virus Shortcut Recycler Ramnit Remover Tool tersebut dari komputer yang bersih dari virus, commpress dengan winrar dan copy kan ke flashdisk yang juga bersih dari virus tersebut. Setelah itu, colokkanlah flashdisk tersebut ke komputer  yang dicurigai terjangikit Virus Shortcut Recycler Ramnit. Jalankan file Virus Shortcut Recycler Ramnit Remover Tool tersebut dari dalam winrar (jangan di ekstrak).


Perlu diingat bahwa, selama proses Scanning berlangsung, jangan pernah melakukan aktivitas apapun, termasuk hanya sekedar untuk klik kanan desktop PC anda, karena klik kanan sama dengan mengaktifkan kembali virus tersebut.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan :

PCMAV Express For Ramnit

PCMAV Express for Ramnit
PCMAV Express For Ramnit juga sangat efektif memberantas tuntas virus sialan yang satu ini. cukup dengan beberapa klik, hampir dapat dipastikan semua virus Ramnit akan terhapus tuntas sampai ke akar-akarnya.
Download PCMAV Express For Ramnit : [HERE]

Untuk pembersihan Virus Ramnit ini menggunakan PC MAV, perlu di perhatikan bahwa PC/notebook anda harus terputus dari koneksi ke Jaringan ataupun internet. Scan dan bersihkan Virus Copy of Shortcut + Recycler (W32/Ramnit) saat dalam kondisi Safe mode untuk hasil yang optimal.

Hasilnya cukup memuaskan, hampir semua file exe, dll dan file executable lainnya di CPU terdakwa telah terinjeksi oleh virus yang mengesalkan ini, dan dengan 1 klik, semua virus tersebut bisa di bersihkan (Clean) dengan baik, termasuk induknya serta anak-buahnya, sampai ke akar-akarnya. Kini, tak pernah lagi muncul file aneh Copy of Shortcut to (1 s/d 4).lnk serta folder recycler tidak lazim di flashdisk yang saya colokan ke komputer tersebut.

Tool inipun ternyata cukup ampuh mendeteksi berbagai macam trojan, backdoor dan virus lainnya.
mudah-mudahan bisa bener ya :)
http://www.beritama.com